Xavi Pernah Anggap Van Gaal Bodoh

Xavi Pernah Anggap Van Gaal Bodoh

Doha – Mantan bintang Barcelona Xavi Hernandez mengaku pernah punya kesan pertama buruk atas gaya melatih Louis van Gaal, walaupun anggapan itu dengan segera sirna.

Van Gaal saat ini sedang menjalani musim keduanya di Manchester United dan belakangan mendapat kritikan atas “filosofi” yang terus berusaha ia terapkan untuk The Red Devils.

Sehubungan dengan hal tersebut, dukungan untuk peracik taktik asal Belanda itu diberikan Xavi, yang dulu juga pernah ia tangani di Barca.

“(Ia) Orang baik, pelatih yang amat bagus,” kata Xavi dalam wawancaranya dengan ESPN.

“Ia memiliki karakter yang amat kuat, tapi ia lebih tenang di Premier League karena tekanannya lebih kecil. Ia kini lebih tenang dibandingkan ketika di Barca atau Bayern Munich.”

“Ia jujur, metodis, dan amat perfeksionis. Ia penuh tuntutan, disiplin, dan ia ingin mencapai level tertinggi yang memungkinkan,” bebernya.

Xavi menyatakan bahwa Van Gaal memang tak selalu dapat penilaian positif di media, tetapi ia akan selalu punya penilaian positif atas sosok yang memberinya debut di Blaugrana, walaupun tidak yakin pada awalnya.

“Setelah dua hari berlatih di bawah arahannya, saya sempat berpikir, ‘Siapa orang bodoh ini?’ Setelah satu pekan, saya mulai berpikir, ‘Ia benar’. Louis van Gaal akan selalu ada dalam hati saya,” ucap Xavi.

Musim lalu Van Gaal merekrut Victor Valdes yang sebelumnya menjadi kiper Barca. Tetapi seiring dengan memburuknya hubungan mereka, Valdes sekarang sudah dinilai tak lagi punya masa depan di Old Trafford.

“(Van Gaal dan Valdes) merupakan dua orang dengan karakter kuat, tapi situasinya untuk Victor saat ini sulit. Semoga saja ia segera mendapatkan solusi. Saya ikut sedih untuknya. Ia profesional dan orang yang baik, ia pekerja keras. Ia akan kembali ke sepakbola. Akan lebih baik buat Victor untuk bermain,” tutur Xavi.