Trio MSN Bikin Gol, Barca Gilas Sociedad 4-0

Trio MSN Bikin Gol, Barca Gilas Sociedad 4-0

Barcelona – Barcelona melanjutkan laju perkasanya setelah menggilas Real Sociedad empat gol tanpa balas. Neymar menciptakan dua gol dalam kemenangan ini, sementara dua lainnya dibagi rata antara Luis Suarez dan Lionel Messi.

Menjamu Sociedad di Camp Nou, Sabtu (28/11/2015) malam WIB, Barca mendapatkan perlawanan cukup gigih dari Sociedad dalam penguasaan bola. Bagaimanapun juga, mereka tetap unggul persentase dengan perbandingan 56%-44%.

Barca melepaskan 11 percobaan dengan enam di antaranya mengarah ke gawang. Sedang tamunya punya 10 upaya, tapi cuma dua yang tepat sasaran.

Barca membuka skor lewat Neymar di menit ke-22, lalu digandakan oleh Suarez di menit ke-41. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Gol kedua Neymar di menit ke-53 lantas menjauhkan keunggulan Blaugrana. Messi, yang percobaannya sempat beberapa kali mentah, akhirnya mempertegas kemenangan Barca di masa injury time.

Dengan hasil ini, Barca makin tangguh di puncak klasemen dengan nilai 33 dari 13 laga. Saat ini mereka unggul tujuh poin dari Atletico Madrid di posisi dua. Ini memperpanjang laju tak terkalahkan anak asuh Luis Enrique menjadi 10 laga di berbagai ajang.

Sementara itu, Sociedad belum beranjak dari urutan 14 dengan koleksi 12 poin dari jumlah laga yang sama dengan Barca.

Jalannya Pertandingan

Barca punya peluang pertama lewat Luis Suarez di menit ketiga. Sepakannya meneruskan umpan terobosan Neymar diamankan kiper.Sociedad Geronimo Rulli.

Sepuluh menit kemudian, Andres Iniesta nyaris membuat keunggulan Barca bertambah. Sundulannya menyambut umpan Suarez cuma menghantam tiang gawang sebelah kiri.

Di menit ke-22, Neymar membawa Barca memimpin. Mulanya Dani Alves menusuk di sisi kanan, lalu melepaskan umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti. Neymar berhasil mendahului penjaganya dan menyontek bola ke pojok kanan gawang.

Sociedad coba menekan beberapa kali, tapi selalu kandas. Justru Barca berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-41. Kembali dari tusukan Alves di kanan, bola diarahkan ke tiang jauh dan disambut sepakan voli Suarez yang bersarang di pojok kanan bawah gawang. Babak pertama berakhir tanpa ada gol lain.

Dua menit babak kedua berjalan, Sociedad langsung mencoba menekan. Yuri Berchiche menusuk di sisi kiri dan melepaspakan tembakan jarak jauh. Upayanya tepat mengarah ke pelukan Claudio Bravo.

Di menit ke-53, Barca memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Iniesta memberikan umpan terobosan ke Jeremy Mathieu di sisi kiri, yang meneruskannya dengan umpan silang ke tengah kotak penalti. Di sana sudah berlari Neymar yang lantas melakukan sontekan ringan untuk mengarahkan bola ke dalam gawang.

Barca punya peluang lain di menit ke-59 saat Messi menyambut operan Neymar di tengah kotak penalti. Tapi sepakannya cuma meleset sedikit di kiri gawang.

Semenit berselang, Messi sudah menebar ancaman lainnya. Kembali menerima umpan dari Neymar, kali ini bola tendangan Messi cuma mengarah tepat ke pelukan Rulli.

Lewat skema bola mati tak jauh dari kotak penalti di menit ke-68, Messi melakukan percobaan lainnya. Eksekusinya hanya berakhir tipis di kanan atas gawang.

Sociedad memberikan sebuah ancaman di menit ke-73 lewat sisi kiri. Yuri menerima operan terobosan dari Carlos Vela di sisi kiri, hanya saja sepakan kerasnya cuma berakhir di samping gawang.

Menuju akhir laga, Sociedad coba makin meningkatkan tekanan. Di menit ke-82, sepakan Bruma melesat di atas gawang Bravo. Tak lama berselang, Bruma kembali melakukan percobaan yang mana kali ini cuma melebar sedikit ke kanan gawang.

Tiga menit kemudian, Messi nyaris mencetak gol. Menerima umpan dari Neymar di sisi kiri, Messi melepaskan tembakan melengkung gagal menjadi gol karena dimentahkan mistar gawang.

Messi punya peluang lain untuk mencetak gol di menit ke-87. Sial baginya, kali ini tendangannya diblok oleh Inigo Martinez.

Messi akhirnya benar-benar mencetak gol di masa injury time. Mulanya Neymar menusuk di sisi kiri, melakukan umpan satu-dua dengan Suarez, dan melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang. Di sana sudah berdiri Messi yang tak terkawal, dengan mudah membelokkan bola ke dalam gawang.

Laga berakhir tak lama berselang.

Susunan pemain:

Barcelona: Bravo; Mathieu (Alba 66), Pique, Mascherano (Bartra 69), Alves (Adriano 62); Busquets, Rakitic, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar

Real Sociedad: Rulli; Elustondo, Mikel, Inigo, Yuri; Granero, Pardo; Vela (Bruma 81), Prieto, Canales (Oiarzabal 58); Agirretxe (Litri 73)