Soal Jumlah Pemain Pengganti, Premier League Diminta Tiru Serie A

Soal Jumlah Pemain Pengganti, Premier League Diminta Tiru Serie A

London – Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, punya saran untuk mengatasi padatnya jadwal di kompetisi Inggris. Menurutnya, otoritas Premier League harus bisa meniru apa yang dilakukan oleh Serie A.

Soal jumlah pemain pengganti-lah yang diminta oleh Pochettino agar Premier League mampu meniru Serie A. Di Serie A sejak tahun 2012 memperbolehkan tim-tim yang bertanding membawa 12 pemain pengganti, meski maksimal pergantian tetap tiga orang.

Dengan begitu maka pelatih-pelatih di sana punya kebebasan untuk mengatur fisik para pemainnya saat melakukan pergantian pemain. Tak cuma itu, para pemain pengganti itu juga bisa merasakan atmosfer pertandingan.

Sementara di Inggris, setiap klub memang diperbolehkan mendaftarkan 25 pemain di skuat utamanya. Namun, hanya 18 yang boleh dibawa di setiap pertandingan termasuk tujuh pemain cadangan. Itu artinya ada tujuh pemain yang ditinggal.

Jika nantinya Premier League memberlakukan aturan seperti itu, maka klub-klub pun akan diuntungkan baik dari sisi fisik para pemain maupun keharmonisan di dalam tim itu sendiri.

“Mungkin kami bisa mengubah peraturannya, jadi Anda bisa menempatkan seluruh pemain yang ada dalam skuat di bangku cadangan,” ujar Pochettino seperti dikutip Soccernet.

“Itu akan lebih baik dan membantu manajer di masa mendatang. Akan jadi sebuah peraturan yang sangat bagus,” sambungnya.

“Kami harus menganalisa itu dan coba melakukannya. Masalah-masalah terjadi ketika ada pemain yang absen atau tidak bisa ikut dalam daftar 18 pemain. Maka lebih memungkinkan untuk Anda mempunyai 25 pemain.”

“Anda harus selalu meninggalkan tujuh pemain, dan kadang beberapa pemain tidak pantas mendapatkan itu, tapi itu mustahil karena Anda hanya bisa membawa 18 pemain,” tutupnya.