Soal Donnarumma, Bocah 16 Tahun yang Mengawal Gawang Milan

Soal Donnarumma, Bocah 16 Tahun yang Mengawal Gawang Milan

Milan – Ketika starting XI AC Milan untuk laga melawan Sassuolo diumumkan, muncul pertanyaan: Siapakah Gianluigi Donnarumma? Donnarumma melakoni debut pada laga itu dan usianya baru 16 tahun.

Ya, Donnarumma baru lahir pada tahun 1999, tahun yang sama ketika Milan sukses menjuarai Serie A di bawah arahan Alberto Zaccheroni. Pada tahun itu pula, Milan memberikan debut kepada penjaga gawang bernama Christian Abbiati –yang kemudian jadi penerus Sebastiano Rossi. Abbiati sendiri masih menghuni skuat Milan sampai saat ini.

Dalam catatan InfoStrada, Donnarumma melakoni debut Serie A dalam usia 16 tahun dan 242 hari. Hanya Paolo Maldini (16 tahun dan 208 hari) yang berada di atasnya dalam urusan pemain Milan termuda yang melakoni debut di Serie A.

Donnarumma pun menjadi kiper termuda yang tampil sebagai starter di Serie A.

Dengan tinggi mencapai 196 cm dan berat 90 kg, Donnarumma memang tampak proporsional menjadi seorang kiper. Ia sudah ikut dalam skuat Milan dalam tur pramusim dan sempat menghentikan sepakan penalti Toni Kroos ketika Rossoneri berjumpa Real Madrid.

“Donnarumma dimainkan atas keputusan pelatih. Dia bagus di sesi latihan. Semuanya keputusan (Sinisa) Mihajlovic,” ujar CEO Milan, Adriano Galliani, seperti dilansir Football Italia.

“Luar biasa melihat seorang anak muda berusia 16 tahun mengawal gawang. Saya masih ingat debut Gigi Buffon pada laga Parma vs Milan. Waktu itu Buffon hanya 5 atau 6 bulan lebih tua dari Gianluigi kami saat ini.”

Tidak salah Galliani membandingkan Donnarumma dengan Buffon. Kebetulan, Donnarumma sendiri menjadikan kiper legendaris Italia itu menjadi role model-nya.

Donnarumma membuat 1 penyelamatan dari 2 attempts on target yang dibuat Sassuolo sepanjang pertandingan. Gawangnya kebobolan 1 gol, tapi pada akhirnya Milan menang 2-1.

“Saya harus berterimakasih kepada (Mauro) Bianchessi, kepala scout kami, yang mengirimkan laporan luar biasa soal anak ini,” kata Galliani.