Siapa Berikutnya Pakai Jasa Mourinho?

Siapa Berikutnya Pakai Jasa Mourinho?

Untuk kedua kalinya Jose Mourinho berhenti menukangi sebuah tim di tengah jalan. Dengan reputasi dan gelimang trofi yang pernah dia menangi, siapa yang akan memakai jasanya kelak?

Mourinho baru saja diberhentikan Chelsea, menyusul buruknya performa “Si Biru” di musim ini — kalah sembilan kali dari 16 pertandingan di liga, dan hanya berjarak satu poin dari zona degradasi di Premier League.

Rupanya periode kedua orang Portugal itu Chelsea tak lebih lama daripada periode pertama dia, ketika direkrut pada Juni 2004, dan didepak pada September 2007. Kali ini dia bekerja di Stamford Bridge hanya dua setengah tahun: dari 10 Juni 2013 sampai 17 Desember 2015.

Di luar fakta bahwa dia bukan sosok “tak tersentuh” dari pemecatan — mengalaminya pula di Real Madrid pada akhir musim 2012/2013— Mourinho telah diakui sebagai manajer hebat. Kecuali tim pertamanya, Uniao de Leiria (2001-2002), dia selalu memberikan gelar juara kepada yang dia tangani: FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Chelsea (lagi). Total ada 22 trofi yang dia menangi bersama klub-klub tersebut, dari liga, piala liga, piala super, sampai Liga Champions.

Berderet-deret penghargaan individu pun telah dia raih. Puncak pengakuan terhadap kemampuannya adalah titel pelatih terbaik dunia di tahun 2010.

Pertanyaannya kini adalah, setelah diberhentikan Chelsea, tim mana yang selanjutnya akan dia latih? Yang hampir pasti adalah, seorang Mourinho terlalu gengsi untuk melatih kesebelasan yang bukan elite. Apalagi masih ada beberapa klub raksasa di liga top Eropa yang punya modal penting untuk memakai jasanya: reputasi tinggi, uang banyak, dan kompetitif.

Untuk menyebut dua contoh adalah Bayern Munich dan Paris St Germain. Bayern diperkirakan akan ditinggal Pep Guardiola setelah musim ini selesai. Juga, Mourinho belum pernah berkarier di Jerman. PSG? Dia mungkin tinggal menunggu Laurent Blanc tidak menghasillkan gelar juara yang penting buat PSG. Dia pun belum pernah bekerja di Prancis.

Tentu saja masih banyak klub besar lain yang berpeluang merekrut Mourinho di masa mendatang. Ini cuma soal momen dan waktu. Atau, Mourinho bisa saja memilih kembali ke kampung halamannya. Apalagi dia pernah mengatakan punya cita-cita pula untuk menjadi pelatih tim nasional Portugal.