Serigala Ibu Kota Mengamuk di Olimpico

Serigala Ibu Kota Mengamuk di Olimpico

ROMA – AS Roma sukses membungkam tamunya Empoli 3-1 pada pekan kedelapan Serie A, Sabtu 17 Oktober 2015 malam WIB. Kedudukan 0-0 sempat menghiasi babak pertama kendati Serigala Ibu Kota jauh mendominasi pertandingan yang dipimpin wasit Piero Giacomeli tersebut.

Namun pada babak kedua, AS Roma tampil ganas dengan mencetak tiga gol dari Miralem Pjanic, Daniele De Rossi, serta Mohamed Salah. Kemenangan tersebut membuat Roma sementara duduk di posisi kedua klasemen dengan nilai 17.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tuan rumah cukup mendominasi jalannya pertandingan. Tampil dihadapan publik sendiri ternyata membuat Serigala Ibu Kota trengginas. Buktinya beberapa kali pasukan Rudi Garcia membuat repot Empoli.

Gervinho berulang kali mendapatkan peluang. Tercatat dua kali seharusnya mantan pemain Arsenal tersebut mencatatkan namanya di papan skor. Namun, dua kesempatan tersebut dianulir wasit karena sudah terlebih dulu offside.

Tim tamu tak bisa berbuat banyak. Peluang sempat didapat oleh Azzurri pada menit 35 ketika bola lambung diterima oleh Pucciareli dan diteruskan dengan sepakan lob. Namun bola mash bisa dijangkau oleh Szczesny.

Jelang penghujung babak pertama, Roma mengendurkan serangan. Empoli yang coba memanfaatkan hal itu tak dibiarkan oleh ruan rumah. Tempo dan penguasaan bola masih menjadi milik Roma.

Peluang lagi untuk Empoli. Pada menit 40 Maccarone membuat Stadion Olimpico menahan nafas sesaat ketika tendangan kerasnya mengarah ke gawang Roma. Beruntung, Szczesny dengan sigap menahan laju bola. Kedudukan 0-0 bertahan di babak pertama.

Babak Kedua

Tak ubahnya babak pertama, pada babak kedua permainan Roma juga begitu mendominasi. Beberapa kali pertahanan tim tamu dibombardir pemain tuan rumah. Namun, pertahanan yang kukuh membuat usaha Roma sia-sia.

Empoli bukan tanpa perkembangan. Permainan Paredes dan kawan-kawan di babak kedua cukup menguasai bola dan lapangan tengah. Meski demikian, belum ada serangan membahayakan yang diciptakan Empoli.

Gol untuk Roma akhirnya hadir pada menit 56. Sepakan keras dan terarah tendangan bebas yang dilakukan Miralem Pjanic membuat seisi stadion bergemuruh. Kiper Empoli, Skorupski, tak mampu berbuat banyak untuk membendung tendangan indah Pjanic. Skor 1-0.

Selang tiga menit dari gol Pjanic, giliran Daniele De Rossi yang menggetarkan gawang Empoli. Gol tersebut terjadi di pertandingan ke-500 untuk AS Roma. Skor 2-0 membuat tim tamu semakin tertekan.

Gol untuk Roma! Mohamed Salah membuat skor menjadi 3-0 pada menit 69. Memanfaatkan bola kiriman Gervinho dari sisi kiri lini serang Roma, pemain yang dipinjam dari Chelsea tersebut menghujam gawang Empoli tanpa ampun.

Empoli akhirnya mampu memperkecil kedudukan pada menit 75. Striker andalan mereka, Pucciarelli, merobek gawang Szczesny. Kedudukan menjadi 1-3. Gol tersebut membuat Empoli bermain lebih terbuka. Hingga pertandingan berakhir skor tak berubah untuk kemenangan Roma.

Susunan Pemain

AS ROMA (4-3-3): Szczesny; Torosidis, Manolas, Castan, Digne; Florenzi, De Rossi, Pjanic; Salah, Gervinho, Falque.

EMPOLI (4-3-1-2): Skorupski; Zambelli, Rui, Tonelli, Barba; Buchel, El Hadji, Paredes; Krunic; Maccarone, Pucciarelli.