Sengit, Liverpool Kalahkan Norwich 5-4 Usai Saling Balas Gol

Sengit, Liverpool Kalahkan Norwich 5-4 Usai Saling Balas Gol

Sembilan gol tercipta, dua di antaranya di injury time. Norwich City dan Liverpool saling balas gol serta bergantian memimpin dalam laga yang akhirnya dimenangkan The Reds dengan skor 5-4.

Di Carrow Road, Sabtu (23/1/2016) malam WIB, Liverpool lebih dulu unggul melalui Roberto Firmino di menit 19. Norwich membalas melalui Dieumerci Mbokani, dan sukses membalikkan keunggulan 2-1 setelah Naismith bikin gol di menit 40.

Sembilan menit babak kedua berjalan tuan rumah bisa memperlebar keunggulan jadi 3-1 berkat eksekusi penalti Wesley Hoolahan. Tertinggal dua gol, Liverpool masih mampu bangkit. Mereka mencetak tiga gol dalam periode 19 menit melalui Jordan Henderson, Firmino dan James Milner untuk kembali merebut keunggulan 4-3.

Tapi pertandingan masih jauh dari selesai. Di menit pertama injury time Norwich bisa menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Sebastien Bassong. Laga sepertinya akan tuntas dengan kedua klub dapat satu poin, sampai Adam Lallana melepaskan tendangan yang merobek gawang Norwich di detik-detik terakhir laga.

Liverpool pulang membawa ke Anfield membawa kemenangan 5-4 dan poin penuh.

Kemenangan ini membuat Liverpool mengoleksi 34 angka dan berada di posisi tujuh. Sementara Norwich tertahan di urutan 16 dengan 23 angka dipunya.

Jalannya Pertandingan

Dari sembilan gol yang terjadi di laga ini, yang pertama tercipta di menit 19 melalui Firmino. Dari umpan pendek yang dilepaskan Milner pada Firmino di sisi kanan kotak penalti, pemain asal Brasil itu kemudian melepaskan tendangan mendatar yang sebenarnya sempat mengenai kaki kiper Declan Rudd. Tapi bola tak banyak berubah arah, dia tetap bergulir memantul ke mintar dan masuk ke gawang.

Tak lama berselang Milner nyaris menggandakan keunggulan tim tamu. Menggiring bola ke dalam kotak penalti, dia terlalu lama mengambil keputusan. Bola di kakinya lepas karena ditekel bek Norwich.

Norwich City tak perlu waktu lama untuk mencetak gol balasan ke gawang Liverpool. Hanya 10 menit setelah gol Firmino, Dieumerci Mbokani menyamakan kedudukan melalui tendangan backheel-nya.

Gol yang bersarang di gawang Simon Mignolet di menit 29 terjadi karena kegagalan pemain belakang Liverpool membuang bola dari skenario tendangan sudut. Si kulit bundar terus memantul liar di dalam kotak penalti.Dari kemelut tersebut, Mbokani yang dalam posisi dikawal Sakho dan membelakangi gawang melepaskan tendangan backheel. Dari jarak dekat bola sepakannya masuk ke gawang tanpa bisa dihalau Mignolet.

Lima menit sebelum babak kedua berakhir Norwich berhasil mencetak gol keduanya melalui Steven Naismith. Norwich membangun serangan dari sisi kanan, Steven Naismith yang masuk ke kotak penalti lantas melepaskan tendangan yang gagal dihalau Mignolet. Norwich kini balik unggul 2-1.

Gol! Norwich memperbesar keunggulan atas Liverpool saat babak kedua baru berjalan sembilan menit. Gol itu dibuat Hoolahan melalui tendangan penalti setelah Alberto Moreno dianggap melakukan pelanggaran terhadap Naismith. Hoolahan yang maju sebagai eksekutor menuntaskan tugasnya dengan baik untuk memperdaya Mignolet dan mengubah kedudukan jadi 3-1.

Namun hanya dua menit berselang Liverpool membalas. Crossing yang dilepaskan Ibe dibelokkan Firmino hingga jatuh ke arah Henderson. Dalam posisi tak terkawal di tengah kotak penalti, sepakan first time-nya mengubah skor jadi 3-2.

Laga bertambah seru setelah Liverpool kembali bisa menyakan kedudukan jadi 3-3 pada menit 63. Firmino mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini dengan tenang. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Rudd, Firmino sedikit membelokkan bola untuk mengarahkannya ke gawang.

The Reds malah kembali bisa dalam posisi memimpin setelah Milner bikin gol di menit 75. Gol ini lahir akibat kesalahan pemain Norwich. Melepaskan backpass dari tengah lapangan, Marti tak menyadari Milner sudah bersiap mengejar bola.

Saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Declan Rudd, Milner tanpa kesulitan mnceploskan bola ke dalam gawang. Gol tersebut membuat skor berubah jadi 4-3.

Dengan lima menit injury time diberikan wasit, Liverpool sebenarnya tinggal fokus bertahan untuk mempertahankan keunggulannya. Tapi itu gagal mereka lakukan: di menit kedua injury time gawang Mignolet kembali bergetar akibat tendangan keras Sebastien Bassong dari luar kotak penalti.

Tapi drama dan keseruan laga ini tak berhenti sampai di situ. Hanya tinggal hitungan detik jelang peluit panjang dibunyikan wasit, Liverpool mencetak gol kelimanya. Dari kemelut di muka gawang, Adam Lallana menyambar bola liar dengan tendangan voli. Si kulit bundar masuk ke gawang setelah lebih dulu memantul di tanah. Gol tersebut mengubah kedudukan jadi 5-4.

Susunan Pemain

Norwich City: Declan Rudd, Russell Martin, Sebastien Bassong, Robert Brady, Ivo Pinto, Steven Naismith (’82 Cameron Jerome), Jonathan Howson, Wes Hoolahan (’70 Martin Olsson), Graham Dorrans, Nathan Redmond (’70 Matthew Jarvi), Dieumerci Mbokani

Liverpool: Simon Mignolet, Nathaniel Clyne, Kolo TourĂ©, Mamadou Sakho, Alberto Moreno (’90 Steven Caulker), Jordan Henderson (’76 Christian Benteke), Lucas, Emre Can, James Milner, Roberto Firmino, Jordon Ibe (’59 Adam Lallana)