Rooney Lewati Thierry Henry, Pecahkan Rekor Gol untuk Satu Klub

Rooney Lewati Thierry Henry, Pecahkan Rekor Gol untuk Satu Klub

Liverpool – Gol tunggal Wayne Rooney yang memenangkan Manchester United di kandang Liverpool terasa semakin istimewa. Gol itu membuat Rooney jadi pencetak gol terbanyak untuk satu klub, melewati rekor Thierry Henry.

Penyerang sekaligus kapten MU itu menciptakan gol di menit ke-78 untuk memastikan timnya menang 1-0, Minggu (17/1/2016) malam WIB. Itu adalah gol pertamanya di Anfield untuk ‘Setan Merah’ dalam ajang Premier League sejak terakhir pada 2005, atau 11 tahun silam.

Dengan gol itu, maka Rooney kini sudah mengoleksi 176 gol di kompetisi ini bersama MU. Penyerang internasional Inggris itu memecahkan rekor Henry [175 gol] saat bermain untuk Arsenal selama lebih dari delapan musim.

“Aku tidak tahu soal itu,” aku Rooney mengenai rekornya itu kepada Sky Sports.

“Senang rasanya membuat rekor-rekor tapi mencetak gol kemenangan di Anfield, itu sudah lama sekali sejak terakhir kali aku mencetak gol di sana. Jadi aku akan sedikit egois hari ini dan menikmati gol tersebut.”

Di bawah Henry, Alan Shearer [Newcastle United] berada di urutan ketiga dengan 148 gol, berjarak satu gol dari Frank Lampard [Chelsea] dengan 147 gol. Robbie Fowler [Liverpool] melangkapi lima besar dengan 128 gol.

Rooney mengawali kariernya sebagai pesepakbola profesional bersama Everton pada 2002 dan mencetak 15 gol sebelum pindah ke MU dua tahun kemudian. Di semua kompetisi, pemain berusia 30 tahun itu telah membukukan 243 gol dalam seragam MU.