Mignolet: Banyak Clean Sheet, Banyak Juga Blundernya

Mignolet: Banyak Clean Sheet, Banyak Juga Blundernya

Liverpool – Simon Mignolet memang punya torehan spesial soal menjaga gawangnya dari kebobolan sejak gabung Liverpool. Namun di satu sisi, Mignolet juga tak lepas dari kritik terkait seringnya dia melakukan blunder.

Mignolet didatangkan Liverpool dari Sunderland pada musim panas 2013. Kedatangannya sudah membuat Pepe Reina tersingkir dari posisi utama di bawah mistar.

Sedari itu, Mignolet adalah pilihan pertama di pos penjaga gawang dengan torehan 122 penampilan di seluruh kompetisi. Menurut catatan Opta, hanya Joe Hart (37 kali) yang punya jumlah clean sheet lebih banyak daripada Mignolet (30 kali) dalam tiga tahun terakhir ini.

Selain itu, Mignolet juga punya kemampuan lebih dalam perannya sebagai shot-stopper di mana ada 449 penyelamatan dibuatnya dalam lima musim terakhir, paling banyak di antara kiper-kiper lain.

Meski demikian, Mignolet pun jadi kiper dengan jumlah blunder terbanyak sejak awal musi 2014/2015 yakni tujuh. Demikian dikutip dari Squawka.

Oleh karenanya wajar jika Mignolet kerap mendapat kritik dari fans Liverpool sendiri, yang menilai dia tidak pantas menjaga gawang tim kesayangan mereka.

Maka wajar jika desakan kepada manajer Juergen Klopp serta pihak klub untuk mendatangkan kiper baru kian besar. Namun, Klopp dan klub bergeming yang ditunjukkan dengan diperpanjangnya kontrak Mignolet hingga 2021.

Mignolet pun bertekad untuk membayar kepercayaan Klopp itu dengan performa oke di bawah mistar.

“Sejak saya datang ke sini, kami berada di jalur yang tepat,” ujar Mignolet di situs resmi tim.

“Selain itu juga dengan manajer saya, yang kerap memuji saya – tidak hanya bicara secara personal tapi juga di depan publik – saya merasa sangat dipercaya olehnya,” sambungnya.

“Khususnya untuk para kiper, Anda harus merasa mendapat kepercayaan dari setiap staf serta tim.”

“Karena Anda butuh dukungan orang-orang jika berada dalam posisi itu serta butuh mereka untuk meyakini Anda 100 persen. Kemudian Anda bisa tampil sebaik mungkin,” tutupnya.