Menang di Markas Espanyol, Barca Pijak Perempatfinal

Menang di Markas Espanyol, Barca Pijak Perempatfinal

Barcelona – Barcelona berhasil melewati Espanyol di babak 16 besar dengan meyakinkan. Melakoni laga leg kedua di markas Espanyol, Barca memenangi laga 2-0 untuk lolos ke perempatfinal dengan agregat 6-1.

Bermodalkan keunggulan tiga gol di leg pertama, Barca tidak menurunkan kekuatan penuh saat bertandang ke Cornella El-Prat, Kamis (14/1/2016) dinihari WIB. Andres Iniesta, Neymar, Gerard Pique, dan Sergio Busquets tetap di bench sampai laga berakhir sedangkan Luiz Suarez tidak ada dalam line-up karena sedang menjalani skorsing.

Namun demikian, hal itu tidak mempengaruhi sang juara bertahan. Penyerang muda Munir El-Haddadi menginspirasi kemenangan Los Cules dengan memborong dua gol timnya di masing-masing babak.
Jalannya Pertandingan

Setelah laga melewati 10 menit, barulah Barcelona mendapatkan peluang terbaiknya. Lionel Messi melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti, kiper Francesco Bardi melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau bola.

Bardi kembali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Di menit ke-24, Messi kembali memperoleh ruang tembak tapi usahanya itu mentah di tangan Bardi.

Enam menit kemudian, Espanyol gantian mengancam. Dari situasi bola mati, Michael Ciani melompat lebih tinggi dari pemain-pemain lainnya untuk menyambut bola dengan sundulan yang masih melebar.

Barcelona akhirnya mampu mencetak gol pertamanya saat laga berjalan 32 menit. Operan apik Messi kepada Munir El Hadaddi diakhiri dengan tembakan dari jarak dekat setelah mengecoh Bardi. Skor 1-0 untuk keunggulan Barca.

Menjelang paruh pertama, Caicedo lolos dari jebakan offside untuk melakukan serangan balik. Namun, dalam situasi satu lawan satu tendangan cukilan Caicedo bisa ditepis ke atas oleh Marc-Andre Ter Stegen.

Pertandingan semakin panas di babak kedua, seiring banyaknya tekel-tekel keras yang diperagakan para pemain dari kedua kubu. Di menit ke-53, Espanyol mengklaim penalti setelah Caicedo terjatuh dalam kawalan Thomas Vermalen dan Javier Mascherano tapi wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Espanyol mencoba untuk menekan Barcelona tapi tidak mampu mengancam di sepertiga akhir. Sampai di menit-menit akhir pertandingan, Barcelona memastikan kemenangannya setelah Munir mencetak gol kedua di menit ke-88.

Aleix Vidal mengirim umpan silang mendatar yang berhasil diselesaikan Munir tanpa kesalahan. Barcelona unggul 2-0 atas Espanyol.

Di masa injury time, tim tamu nyaris mencetak gol ketiganya. Operan cantik Messi kepada Vidal, tapi tembakannya ke arah tiang jauh bisa diamankan.