‘Klopp Memang yang Terbaik untuk Liverpool’

'Klopp Memang yang Terbaik untuk Liverpool'

Liverpool – Tidak ada manajer yang lebih baik untuk Liverpool ketimbang Juergen Klopp. Dengan adanya Klopp, The Reds punya jaminan untuk bisa bersaing memperebutkan trofi setiap musimnya.

Hal itu diutarakan eks anak asuh Klopp di Borussia Dortmund, Jakub Blaszczykowski, terkait performa The Reds yang menanjak sejak ditangani oleh pria asal Jerman itu.

Kemenangan 6-1 atas Southampton di babak kelima Piala Liga Inggris jadi kemenangan keempat beruntun di seluruh kompetisi sekaligus yang ketujuh dari 11 laga awal Klopp di klub asal kota pelabuhan itu.

Sisa tiga laga berakhir imbang dan hanya satu kali kalah yakni 1-2 dari Crystal Palace. Ada total 21 gol dibuat oleh The Anfield Gank dah hanya kebobolan satu gol.

“Dia memang seperti itu dan akan selalu jadi sosok spesial. Dia mengubah saya, tidak hanya sebagai pesepakbola tapi juga sebagai sosok manusia,” ujar pemain yang akrab disapa Kuba itu.

“Tidak ada yang sosok berpengaruh dalam karier saya selain Klopp. Saya berutang banyak padanya. Dia selalu menuntun saya melewati semua kegilaan ini dan juga kompetisi, tapi juga ada ada sisi kemanusiaan dalam diri kami yang harus diperhatikan juga. Tidak ada manajer lebih baik selain Klopp. Mereka sudah jadi juara dengan menunjuk dirinya,” sambungnya dalam wawancara dengan FourFourTwo.

Kuba tentu tahu bagaimana kualitas Klopp saat masih bersama-sama di Dortmund. Pemain asal Polandia itu berjasa dalam mengantarkan dua titel Bundesliga, satu DFB-Pokal, dan dua Piala Super Jerman.

“Dia tidak hanya pelatih hebat; dia juga psikologis yang hebat dan juga seorang pria hebat. Dia banyak membuat keputusan berdasarkan apa yang dilihatnya, bukan perkataan orang lain. Itu sangat penting, karena dia jujur dengan semua orang dan kami bisa merasakannya. Dia tahu bagaimana cara menangani banyak pemain dengan karakter dan ego berbeda.”

“Saya yakin dia akan sukses di sana, namun jika para pemain mampu mengerti filosifinya. Itulah yang dilakukan di Borussia dan itu terbukti. Percaya saja pada dia. Dia tahu apa yang akan dilakukannya, dalam dan luar lapangan. Kami harus bekerja keras dan banyak berkorban, tapi kami mampu meraih banyak hal bersama Dortmund,” tutup Kuba yang kini dipinjamkan ke Fiorentina.