Kalahkan Leicester dalam Laga Replay, Spurs Lolos ke Babak Keempat

Kalahkan Leicester dalam Laga Replay, Spurs Lolos ke Babak Keempat

Leicester – Tottenham Hotspur lolos ke babak keempat Piala FA setelah mengalahkan Leicester City 2-0. Dua gol yang meloloskan The Lilywhites dicetak oleh Son Heung-min dan Nacer Chadli.

Pertandingan babak ketiga di King Power Stadium, Kamis (21/1/2016) dinihari WIB, adalah laga ulangan setelah laga sebelumnya yang digelar di markas Spurs berakhir imbang 2-2.

Kedua tim tampil dengan sebagian besar pemain pelapis mereka. Leicester memang tetap memainkan kiper utama Kasper Schmeichel, tapi Riyad Mahrez cuma duduk di bangku cadangan, sedangkan Jamie Vardy tampil sebagai pemain pengganti.

Di kubu Spurs, tak ada nama Hugo Lloris, Toby Alderweireld, Dele Alli, Jan Vertonghen, dan Harry Kane dalam starting XI mereka. Kane dan Alli baru masuk di babak kedua.

Spurs memimpin 1-0 di babak pertama lewat gol Son. Pada paruh kedua, mereka mencetak satu gol tambahan melalui kaki Chadli.

Spurs yang lolos ke babak keempat selanjutnya akan berhadapan dengan tim divisi tiga, Colchester United, di kandang lawan, 30 Januari mendatang.

Jalannya Pertandingan

Leicester punya kesempatan memimpin pada menit ke-28 melalui tendangan bebas Gokhan Inler. Namun, tembakan Inler mengarah tepat ke kiper Michel Vorm, yang dengan mudah menangkap bola.

Spurs memecahkan kebuntuan melalui gol cantik Son pada menit ke-40. Son yang bergerak di sisi kiri pertahanan Leicester dibayang-bayangi oleh Ben Chilwell. Tapi, Son masih bisa melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke tiang dekat. Schmeichel mencoba menjangkaunya, tapi gagal.

Leicester berusaha untuk meningkatkan daya gedor pada babak kedua. Mereka menarik keluar Danny Drinkwater dan memasukkan Shinji Okazaki.

Tim tuan rumah nyaris menyamakan skor pada menit ke-54. Demarai Gray melepaskan tembakan melengkung yang mengarah ke tiang jauh, tapi Vorm membuat penyelamatan gemilang dengan terbang menepis si kulit bundar.

Kane yang masuk di babak kedua berpeluang menggandakan keunggulan Spurs. Akan tetapi, sepakannya pada menit ke-62 bisa dimentahkan Schmeichel.

Spurs benar-benar memimpin 2-0 pada menit ke-66. Chadli menuntaskan umpan terobosan Son menjadi gol untuk menggandakan keunggulan tim tamu.

Kane mendapatkan peluang lainnya pada menit ke-72. Namun, sepakan mendatarnya lagi-lagi bisa digagalkan oleh Schmeichel.

Dalam situasi tertinggal dua gol, Leicester memasukkan Vardy. Tapi, pertahanan Spurs masih tampil solid.

Peluang yang didapat Gray pada menit ke-86 tak berbuah gol karena tembakannya masih melambung. Sementara itu, tembakan voli first time dari Marc Albrighton bisa diantisipasi oleh Vorm.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada perubahan skor. Spurs menang 2-0 dan lolos ke babak berikutnya.

Susunan Pemain
Leicester City: Schmeichel; Simpson (Albrighton 63′), Wasilewski, Benalouane, Chilwell; Dyer (Vardy 74′), King, Inler, Drinkwater (Okazaki 46′), Gray; Ulloa

Tottenham Hotspur: Vorm; Walker, Dier, Wimmer, Davies; Carroll, Bentaleb; Lamela (Kane 60′), Eriksen, Chadli (Onomah 73′); Son (Alli 84′)