Inggris Harus Tetap Membumi Meski Sudah Kalahkan Jerman

Inggris Harus Tetap Membumi Meski Sudah Kalahkan Jerman

Inggris Harus Tetap Membumi Meski Sudah Kalahkan Jerman

Berlin – Manajer Inggris, Roy Hodgson, tak mau terlalu terbawa suasana meski timnya baru saja menang di kandang Jerman. Menurut Hodgson, The Three Lions harus tetap membumi.

Inggris membawa pulang kemenangan dengan skor 3-2 saat dijamu Jerman di Olympiastadion, Berlin, Minggu (27/3/2016) dinihari WIB. Kemenangan ini terasa spesial karena Inggris lebih dulu ketinggalan dua gol.

Tembakan jarak jauh Toni Kroos dan sundulan Mario Gomez membuat Inggris tertinggal 0-2. Namun, mereka mampu menyamakan skor berkat tembakan Harry Kane dan sontekan tumit Jamie Vardy. Sundulan Eric Dier di injury time akhirnya memastikan kemenangan tim tamu.

Meski Jerman berstatus juara Piala Dunia 2014 dan salah satu favorit juara di Piala Eropa 2016, Hodgson mengingatkan timnya untuk tak cepat-cepat besar kepala setelah kemenangan ini.

“Saya agak khawatir semua kritik yang kami terima di masa sebelumnya akan mendadak dilupakan. Tim ini tentunya masih dalam proses,” ujar Hodgson seperti dikutip Reuters.

“Jangan terbawa suasana. Ayo buat para pemain ini tetap membumi. Saya ingin mereka tetap lapar, terus belajar dari kesalahan-kesalahan mereka,” imbuhnya.

“Ini adalah sebuah laga persahabatan dan kita harus berhati-hati dalam melihat nilai pentingnya. Kalau kami kalah 2-3 dan Jerman mencetak gol di menit akhir, saya tak akan terlalu kecewa. Saya akan tetap senang dengan cara main kami. Kami punya banyak pemain yang baru menjalani pertandingan kedua atau ketiganya,” kata Hodgson.

Di putaran final Piala Eropa 2016, Inggris masuk Grup B bersama Rusia, Wales, dan Slovakia. Mereka selanjutnya akan menjalani laga persahabatan melawan Belanda di Wembley, Rabu (30/3/2016) dinihari WIB.

“Pada momen-momen ini penting untuk tetap rendah hati. Masih ada jalan panjang yang harus dilalui sebelum kami bisa mengklaim sudah seperti Jerman,” ujar Hodgson.

“Ini adalah sebuah langkah maju yang bagus. Kami akan menganalisis pertandingan. Masih ada banyak hal yang bisa kami lakukan dengan lebih baik,” tutur manajer 68 tahun itu.