Gol Juan Mata : Dimulai Smalling, Libatkan 45 Operan, Puaskan Van Gaal

 Gol Juan Mata : Dimulai Smalling, Libatkan 45 Operan, Puaskan Van Gaal

Manchester United memantapkan kemenangan atas Southampton melalui gol dari Juan Mata. Gol tersebut melibatkan 45 operan.

Dalam masa Louis van Gaal, MU jadi tim yang suka menguasai penguasaan bola. Ada saatnya itu tidak berbuah kemenangan, namun tak saat bertemu dengan Southampton.

Pada kompetisi Minggu (20/9/2015) malam WIB, ‘Setan Merah’ tertinggal lebih dahulu saat sebelum pada akhirnya menang 3-2 atas Southampton. Statistik ESPN menyebutkan MU unggul penguasaan bola 59%-41% dari The Saints.

Gol paling akhir MU, yang di buat Juan Mata di menit ke-68, lalu menunjukkan bahwa operan-operan itu bakal menghasilkan gol cantik bila memanglah dapat dituntaskan dengan baik.

Sistem gol itu dimulai oleh Chris Smalling dari lini belakang dengan operan ke arah kiri tempat Marcos Rojo ada. Sejauh itu bola masih tetap ada di lapangan permainan MU.

Si kulit bundar selanjutnya di kirim Rojo ke depan dengan menyisir garis pinggir lapangan, menuju ke arah Bastian Schweinsteiger. Bola telah ada di ruang kubu lawan walau tidak segera diarahkan ke ruang penalti.

Bola selalu dioper-operkan beberapa pemain MU. Umumnya dari operan itu pendek, ke samping, atau bahkan juga ke belakang. Bola juga tidak hanya bergelut di segi kiri atau tengah, tetapi sempat juga ke bidang kanan.

Baru sesudah seputar 2 menit mulai sejak operan pertama di buat Smalling, bola masuk ke kotak penalti. Yaitu Memphis Depay yang lalu menyepak si kulit bundar. Tiang gawang mengandaskan usaha Memphis, meskipun lalu bola muntah sukses disambar Mata untuk buat gol.

” Ada 45 operan dalam sistem gol Mata untuk MU di pertandingan kesempatan ini ; suatu jumlah paling banyak di Premier League 2015-16, ” tulis Opta.

Dalam catatan lain Opta yang di uraikan Four Four Two, MU juga dimaksud membuahkan keseluruhan 493 operan dalam kompetisi ini. Semakin banyak 193 operan dari pada Southampton.
” Saya selalu sangat senang saat lihat gol sejenis itu lantaran dengan jumlah operan seperti itu, kami mengatur permainan, ” komentar Van Gaal.

” Saya sangat senang serta sudah pasti itu adalah konfirmasi dari filosofi kami. Saat Anda kuasai bola, lawan tidak dapat buat gol, ” lanjutnya.