Gervinho Dua Gol, Roma Kalahkan Palermo 4-2

 Gervinho Dua Gol, Roma Kalahkan Palermo 4-2

AS Roma membawa pulang kemenangan dari lawatan ke Palermo. Dua gol Gervinho memberi I Lupi poin penuh di pekan ketujuh setelah meraih keunggulan dengan skor 4-2.

Di Stadion Renzo Barbera, Minggu (4/10/2015) malam WIB, Roma mengunjungi Palermo setelah di tengah pekan lalu menelan kekalahan 2-3 dalam lawatan ke BATE di ajang Liga Champions. I Lupi memberikan reaksi bagus dalam laga ini setelah mencetak keunggulan cepat.

Roma langsung unggul 3-0 setelah Miralem Pjanic menjebol gawang tuan rumah di menit kedua dan dilanjutkan dengan Alessandro Florenzi pada menit 14. Gol ketiga dilesakkan Fervinho di menit 28.

Palermo sempat menunjukkan tanda akan bangkit setelah mencetak dua gol di babak kedua melalui Alberto Gilardino dan Giancarlo Gonzalez. Namun tak ada cerita comeback dari laga ini karena Gervinho menambah gol di periode injury time untuk memastikan Roma dapat poin penuh.

Ini menjadi kemenangan keempat Roma dari tujuh laga yang sudah dilalui. Dengan 14 poin dikumpulkan mereka kini ada di posisi tiga klasemen, terpaut dua dari Inter Milan di posisi teratas.

Sementara Palermo ada di posisi 12 dengan poin tujuh.

Jalannya Pertandingan

Roma menjalani start sempurna dalam laga ini karena mereka sudah membuka rekening gol saat pertandingan baru berjalan dua menit. Lolos dari jebakan offside saat mengejar umpan dari Alessandro Florenzi, sontekan kaki kiri Miralem Pjanic dari dalam kotak penalti berhasil memperdaya kiper Sorrentino dan mengubah kedudukan jadi 1-0.

Gol tersebut tercipta di detik ke-108, dan untuk sementara menjadi gol tercepat di Serie A musim 2015/2016 ini.

Tak lama berserang Palermo nyaris mencetak gol penyama. Kesalahpahaman antara Wojciech Szczesny dan Kostas Manolas gagal dimanfaatkan oleh Franco Vazquez dan Aleksandar Trajkovski untuk menjebil gawang I Lupi.

Di menit 14 Roma berhasil menggandakan keunggulan, kembali sebagai hasil kerjasama Pjanic dan Florenzi. Gol terjadi setelah tendangan Pjanic yang terlalu lemah justru berubah menjadi assist bagi Florenzi. Berdiri tanpa kawalan di dalam kotak penalti, sepakan Florenzi mengubah skor jadi 2-0.

Gervinho nyaris mencetak gol ketiga Roma tak lama berselang. Tapi upaya Gervinho melewati kiper Stefano Sorrentino gagal sehingga peluang itu hilang.

Gervinho pada akhirnya tetap mencetak gol atas namanya, tepatnya pada menit 28. Striker asal Pantai Gading itu melakukan aksi individu meliuk-liuk melewati hadangan beberapa bek Palermo di dalam kotak penalti dan diakhiri dengan tendangan keras yang mengarahkan bola ke sudut kanan atas gawang.

Sebelum turun minum Palermo punya kans untuk memperkecil ketinggalan. Namun upaya Franco Vazquez membelokkan tendangan bebas Trajkovski berakhir dengan bola membentur mistar gawang. Di sisi lain Roma juga punya peluang lain menambah gol saat Sorrentino menghalau tendangan Radja Nainggolan dan memblok upaya Pjanic.

Di awal babak kedua Roma masih mendominasi permainan dan bahkan memiliki beberapa peluang lain untuk memperbesar keunggulan. Yang pertama adalah tandukan Vasilis Torosidis dari tengah kotak penalti yang gagal berujung gol, sementara tendangan Lucas Digne dari sisi kiri kotak penalti ditangkap kiper.

Palermo akhirnya bisa mencetak gol yang memperkecil ketinggalan mereka di menit 58. Dapat umpan terobosan dari Franco Vázquez, tendangan kaki kiri Gilardino mengubah skor jadi 3-1.

Dua menit berselang Palermo nyaris mencetak gol keduanya. Tandukan Vazquez dari tengah kotak penalti untuk menyambar umpan Achraf Lazaar masih melayang di atas target.

Tekanan tuan rumah berlanjut melalui Gilardino saat tandukannya berhasil diselamatkan kiper Szczesny, sementara upaya lain dari Ivaylo Chochev juga tak berujung gol karena sepakannya melenceng.

Palermo baru mencetak gol keduanya di menit 90. Menyambar umpan yang dilepaskan Robin Quaison, tandukan Giancarlo Gonzalez masuk ke gawang. Skor 2-3 membuat Palermo masih punya peluang untuk setidaknya mengincar satu poin.

Namun harapan untuk mengimbangi Roma pupus hanya tak lama kemudian. Gervinho kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk memastikan Roma pulang dengan poin penuh. I Lupi meraih kemenangan 4-2.

Susunan Pemain

Palermo: Sorrentino; Struna (Rispoli 86), Gonzalez, El Kaoutari, Lazaar; Rigoni, Jajalo (Gilardino 46), Chochev (Quaison 59); Hiljemark; Trajkovski, Vazquez

Roma: Szczesny; Torosidis, Manolas, De Rossi, Digne; Florenzi (Gyomber 83), Nainggolan, Pjanic; Salah (Ucan 75), Gervinho, Iago Falque (Emerson 67)