Bikin Pemain Jadi Egois, Wenger Tak Suka Ballon d’Or

Bikin Pemain Jadi Egois, Wenger Tak Suka Ballon d'Or

London -Ballon d’Or adalah puncak penghargaan yang bisa didapat pesepakbola sebagai seorang individu. Meski dianggap sangat bergengsi, Arsene Wenger ternyata tidak menyukai karena membuat pemain jadi egois.

Dalam tujuh tahun terakhir status pemain terbaik dunia cuma dimiliki dua orang saja. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menguasai ajang penghargaan tersebut dengan performa keduanya yang memang luar biasa di Barcelona dan Real Madrid.

Sejak pertama digelar tahun 1956 oleh Majalah France Football, Ballon d’Or jadi penghargaan paling bergengsi yang bisa didapat seorang pemain. Kondisi yang terus bertahan sampai kini.

Tapi menurut Arsene Wenger, Ballon d’Or tidak sepenuhnya bagus. Penghargaan pribadi seperti Ballon d’Or disebutnya membuat pemain punya kecenderungan untuk menjadi egois.

“Sepakbola modern terlalu soal (kemampuan) individu…Saya menentang Ballon d’Or dan semua yang sejenisnya,” cetus Wenger.

“Itu mendorong orang yang terlibat di dalam pertandingan untuk lebih mengejar keuntungan-keuntungan untuk pribadinya sementara rekannya ada di posisi yang lebih baik,” lanjut Wenger.

Dilanjutkan manajer asal Prancis itu, kesuksesan seorang pemain tak bisa lepas dari kontribusi rekan-rekannya, dan karena itulah ada beberapa pemain yang kariernya justru rusak karena terobsesi dengan capaian-capaian pribadi.

“Saya sudah melihat karier-karier yang hancur karena pemain terlalu terobsesi dengan penghargaan-penghargaan pribadi. Anda bisa menjadi nomor 1 di dunia pada Maret dan menjadi nomor 250 di Mei. Olahraga adalah dinamis,” lanjutnya.

Ronaldo dan Messi kembali jadi kandidat kuat untuk meraih Ballon d’or edisi tahun ini. Lalu siapa yang dijagokan Wenger jadi pemenang?

“Dia (Ronaldo) adalah pemain terbaik di dunia – bersama Messi. Messi punya satu kelebihan dalam hal assist. Tapi saya tidak akan memilih siapapun karena saat ini itu bukan masalah saya,” tuntas Wenger.