Ayo Main Lepas, Everton

Ayo Main Lepas, Everton

Liverpool – Meski punya bekal kemenangan di leg pertama, Everton menghadapi Manchester City dalam kondisi kurang oke. The Toffees sedang dalam rangkaian hasil tak manis.

Everton akan bertandang ke Etihad Stadium, Kamis (28/1/2016) dinihari WIB, di laga semifinal leg kedua Piala Liga Inggris. Anak-anak Merseyside datang dengan bekal kemenangan 2-1 di pertemuan pertama dan dalam posisi sedikit lebih baik untuk memijak final.

Namun Everton di lain sisi sedang dalam kondisi tertekan. Mereka sudah tanpa kemenangan di tiga pertandingan terakhir, imbang dua kali dan kalah satu kali. Tekanan lebih besar khususnya datang dari laju mereka di Premier League.

Dalam 10 pertandingan terakhir, mereka cuma menang satu kali dan menelan tiga kekalahan. Hasil-hasil itu membuat Everton disorot, di mana kini tertahan di posisi 13 klasemen. Bagi manajer Everton Roberto Martinez, momen ini menjadi sebuah pelajaran penting untuk skuatnya.

“Kekecewaan-kekecewaan terasa menyakitkan saat ini karena hasil-hasil sudah tidak adil mempertimbangkan usaha dan sepakbola yang telah kami mainkan. Secara psikologis, Anda harus melalui pengalaman untuk menciptakan ketahanan yang menciptakan mentalitas pemenang,” katanya dikutip Sky Sports.

“Ketika berbagai hal berjalan baik, mereka akan mendapatkan banyak perhatian. Tapi demikian juga ketika hasil-hasil tidak bagus, mereka harus terbiasa dengan sorotan yang mengarah,” tambahnya.

Dengan kondisi yang kurang nyaman ini, Martinez meminta anak asuhnya tampil lepas saja tanpa beban. Jika berhasil pulang dengan hasil positif, dia yakin bisa jadi sebuah momentum untuk timnya bangkit.

“Mendapatkan raihan besar dan mencapai sesuatu yang cukup spesial bisa membantu menciptakan tampilan positif di laga-laga kami. Akan jadi sebuah tonggak yang masif untuk klub ini kalau kami bisa mencapai final Piala Liga Inggris,” ujarnya.

“Saya rasa kami tidak perlu takut kehilangan apapun. Semua orang memperkirakan Manchester City memenangi laga dan mencapai final,” demikian dia.