Arda Turan yang Serba Bisa Buat Enrique Terkesan

Arda Turan yang Serba Bisa Buat Enrique Terkesan

Barcelona – Arda Turan harus siap bermain di posisi yang berbeda-beda setelah jadi pemain Barcelona. Pelatih Barca, Luis Enrique, menilai pemainnya itu sudah bekerja dengan sangat baik.

Turan direkrut Barca dari Atletico Madrid pada musim panas lalu dan dikontrak selama lima musim. Namun, karena saat itu Barca sedang menjalani hukuman transfer dari FIFA, Turan tak bisa langsung dimainkan dan hanya bisa berlatih saja.

Turan baru bisa bermain setelah Barca terbebas dari sanksi pada bulan Januari lalu. Dia sejauh ini telah tampil pada 12 laga di semua kompetisi dalam kostum Blaugrana dengan sumbangan tiga assist.

Saat masih membela Atletico, Turan menjadi salah satu gelandang serang dalam formasi 4-2-3-1, 4-4-2, atau 4-5-1. Namun, di Barca, pemain asal Turki itu harus siap menjalani peran lain.

Turan lebih sering dipasang di sisi kanan atau kiri lini tengah dalam formasi 4-3-3. Di posisi ini, dia juga harus sering-sering membantu pertahanan. Dia tercatat 10 kali main di posisi ini.

Ketika Lionel Messi tak bermain, dia harus siap mengisi posisi penyerang sayap kanan. Posisi ini telah dijalaninya pada dua laga.

“Arda bisa bermain sebagai seorang gelandang, juga di sisi sayap, dan sampai sekarang dia bekerja dengan baik di kedua posisi itu,” puji Enrique yang dikutip Sport.

“Setiap posisi punya tuntutan masing-masing dalam hal menyerang dan bertahan. Namun, Arda melakukan keduanya dengan baik,” katanya.

Turan sendiri mengaku terus mempelajari gaya main Barca, yang dia anggap sangat berbeda dengan klub-klub lainnya.

“Pertama-tama, Anda harus memandang Barca sebagai sebuah sekolah. Seluruh dunia menampilkan satu permainan, dan Barca menampilkan permainan lain,” ujar Turan kepada Mundo Deportivo.

“Setiap hari saya mempelajari gaya main kami, berbenah, berbagi berbagai hal. Saya menikmatinya dan kami akan terus mempertahankannya seperti ini,” kata pesepakbola berusia 29 tahun itu.