Alot, Spurs vs Chelsea Berakhir Tanpa Gol

Alot, Spurs vs Chelsea Berakhir Tanpa Gol

London – Tottenham Hotspur dan Chelsea berbagi satu angka. Keduanya sama-sama tampil alot pada babak kedua laga yang berujung dengan skor 0-0 itu.

Spurs, sebagai tuan rumah, tampil dominan di babak pertama. Namun, mereka gagal memanfaatkan sejumlah peluang bagus yang didapat. Di babak kedua, mereka malah kesulitan untuk menembus pertahanan Chelsea.

Sementara itu, Chelsea hanya punya beberapa peluang bagus di babak kedua. Mereka berusaha membalas Spurs via serangan balik, tetapi usaha tim besutan Jose Mourinho itu juga tidak membuahkan hasil.

Dengan hasil ini, Spurs tetap berada di urutan kelima klasemen dengan koleksi nilai 25. Sedangkan Chelsea berada di posisi ke-14 dengan koleksi nilai 15.

Hasil ini sekaligus mempertahankan catatan tak terkalahkan Spurs selama berlaga di kandang musim ini.

Jalannya Pertandingan

Bertanding di White Hart Lane, Minggu (29/11/2015) malam WIB, Chelsea tampil tanpa penyerang murni di starting XI mereka. Eden Hazard dipasang sendirian di depan dengan ditopang Willian, Pedro Rodriguez, dan Oscar.

Di sisi tuan rumah, lini depan mereka masih diisi oleh Harry Kane yang ditemani oleh Son Heung-min dan Christian Eriksen. Pergerakan Kane sebagai penyerang tunggal tidak statis. Ia juga kerap turun untuk menjemput bola dan membangun serangan.

Pada babak pertama, Spurs tampil relatif dominan. Mereka unggul penguasaan bola hingga 59%. Spurs juga unggul dalam percobaan untuk mencetak gol: 7 attempts (3 on target), sementara Chelsea hanya punya 3 attempts dan tidak ada satu pun yang tepat sasaran.

Spurs juga tidak ragu melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, tiap kali mereka melihat ada kesempatan. Salah satu sepakan dari luar kotak penalti, yang dilepaskan Mousa Dembele, mengarah tepat sasaran. Tetapi, sepakannya masih bisa ditepis oleh Asmir Begovic.

Begovic sendiri tampil bagus di babak pertama. Peluang Spurs lainnya, yakni via sundulan Son di menit ke-26, juga masih bisa ditepisnya. Padahal Son melepaskan sundulan tersebut dari jarak dekat.

Dua peluang terbaik Chelsea didapat oleh Eden Hazard dan Pedro. Sundulan Hazard masih menyamping, sementara itu sepakan Pedro hanya melambung tipis di atas mistar.

Menjelang babak pertama berakhir, Kane mencoba peruntungan dengan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti Chelsea. Sial baginya, tendangannya masih melambung.

Di babak kedua, pertandingan berjalan lebih alot. Spurs memang masih mendominasi penguasaan bola, namun mereka kesulitan untuk menciptakan percobaan untuk mencetak gol atau masuk ke dalam kotak penalti Chelsea.

Sementara itu, Chelsea berusaha mengendus peluang untuk menyerang balik. Satu kali mereka nyaris melakukan serangan balik via Hazard dengan memanfaatkan miskomunikasi antara dua bek tengah Spurs, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld.

Hazard akhirnya mendapatkan attempt on target pertamanya di laga ini pada menit ke-68. Menerima umpan dari Branislav Ivanovic, pemain asal Belgia itu melepaskan sebuah sepakan first-time. Tetapi, sepakannya masih bisa ditepis oleh kiper Spurs, Hugo Lloris.

Pada menit ke-76, Chelsea mendapatkan peluang lagi. Kali ini, ia melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Sial bagi Pedro, tendangannya masih melambung jauh.

Dari kubu Spurs, sulitnya mereka menembus pertahanan Chelsea membuat manajer Mauricio Pochettino memasukkan Clinton N’Jie menggantikan Son. Ketimbang Son, N’Jie memang lebih liat dalam hal menggiring bola.

Tapi, masuknya N’Jie juga tidak memberi dampak signifikan. Pada akhirnya, skor 0-0 bertahan ketika wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Walker, Alderweireld, Vertonghen, Rose, Dier, Mason (Lamela 56), Dembele, Son (N’Jie 74), Eriksen, Kane.

Chelsea: Begovic, Ivanovic, Zouma, Cahill, Azpilicueta, Matic, Fabregas, Willian (Kenedy 88), Oscar, Pedro (Loftus-Cheek 89), Hazard.